anak kos, antri mandi,
harus sabar, antri mandi anak kos

Adakah kamu alumni anak kos,anak kos atau perantau yang ingin ngekos? Jika iya tulisan ini akan mengantarkan pada pandangan anak kos itu sebenarnya memiliki sifat egois yang kadang bikin jengkel sendiri. Meski keegoisan ini sah tapi yo setidaknya kamu sadar telah melakukan jenis perbuatan egois dan tentu itu merugikan teman kos mu lainnya. Lantas apa saja tindakan anak kos yang tergolong egois itu?

MANDI TERLALU LAMA DI JAM-JAM SIBUK

Jenis keegoisan ini masih bisa ditolerir tapi tetep bikin orang lain sangat jengkel, terutama bagi teman yang antri mandi dan terburu-buru. Keegoisan ini biasanya dilakukan pada jam-jam sebelum berangkat kuliah atau kerja. Jika kamu tergolong anak kos yang suka mandi lama, maka kamu harus tau diri, bahwa kamar mandi kos itu milik bersama bukan pribadi maka pakailah secukupnya. Namun jika kamu tetap maksa, mandilah abis subuh atau sekalian siang ketika teman-teman kamu sudah berangkat kerja atau kuliah. Kamu baru mandilah sepuasnya, tapi satu pesan saya, jangan sering nyabun.

MUTAR MUSIK TERLALU KERAS

Saya ngerti, ngerti banget kalu sound system itu milik kamu yang baru beli saat pameran elektronik kemaren hari, tapi ya mbok jangan diputer keras-keras, kasian tetangga kos yang sedang istirahat, butuh ketenangan atau sedang sakit gigi. Kebayangkan kalau orang sakit gigi didekat orang mutar musik terlalu keras?

Baca Cuk:  Fungsi Lain Rice Cooker Ala Anak Kos. Maksimalkanlah!

Parahnya, ketika kamu muter musik keras beranggapan orang yang terpaksa mendengarkan juga menyukai musik kamu, padahal kan tidak semua. Jadi, saran saya jika kamu muter musik keras-keras, puterlah pada jam-jam kosong, semisal siang sampai sore ketika teman-teman kamu masih kuliah atau kerja. So, jangan puter musik keras-keras pada malam hari, bisa-bisa kamarmu dilempar batu oleh tetangga. Kalaupun masih ngotot pengen denger musik keras pake headseat dong. Ingat anak kos itu tidak hidup sendiri tapi hidup bersama dengan lainnya, harus pintar jaga keamanan dan kenyamanan.

BERISIK SENDIRI

Kamu berdalih atas dasar menyalurkan hobi lantas seenakknya nyanyi keras-keras tidak di kamar mandi maupun dikamar tanpa mempertimbangkan lingkungan sekitarmu. Biasanya kebiasaan ini disebabkan pengaruh play list yang sedang diputar atau memang kebiasaan sejak kecil. Hal lain yang sering berisik itu saat kamu bawa teman main ke kos dan ngobrol tanpa control. Saking asiknya ngobrol, sampai lupa waktu dan lingkungan. Hal keegoisan lainnya itu saat kamu nelpon sama keluarga atau pacar dengan frekuensi suara yang cukup bersemangat. Bisa-bisa anak kos yang punya kebiasaan nelpon seperti ini juga menimbulkan semangat emosi bagi penghuni kos lainnya.

TIDAK MENJAGA KEBERSIHAN

Padahal menjaga kebersihan adalah kewajiban bagi setiap orang, meski gitu masih aja ada anak kos yang seenaknya buang sampahlah, naruh baju kotor tidak ditempat semestinya atau meludah seenaknya. Anak kos seperti ini bisa dikarenakan dua hal pertama kebiasaan sejak kecil, kedua ia menganggap kos seperti di rumah, semisal yang bisanya sehabis makan nanti sudah ada yang bersihkan sendiri. Menjaga kebersihan sebagaimana yang saya sebutkan diatas perlu kesadaran dann kemauan yang tinggi bagi anak kos. Ia harus mampu membedakan mana ruang umum, sperti depan kamar kos, ruang tamu, kamar mandi dan dapur dan ruang pribadi.

Baca Cuk:  9 Khas Obrolan Anak Kos Yang Sering Kamu Dengar

MELETAKKAN BARANG PRIBADI DI RUANG BERSAMA

Anak kos itu harus sadar diri dimana ruang pribadi, mana ruang umum. Ruang umum adalah tempat-tempat yang tak berpemilik seperti tempat sampah, kamar mandi, dapur dan halaman. Tindakan yang egois yang sering dilakukan anak kos adalah meletakkan baju kotor sembarangan, meletakkan piring kotor sembarangan, buang sampah sembarangan, parkir sembarangan dan merendam cucian terlalu lama sampai teman sendiri terganggu oleh baunya. Anak kos seperti ini tergolong orang yang dholim yaitu meletakkan barang tidak pada tempanya.

JEMURAN SERASA MILIK SENDIRI

Ini nih yang sering bikin anak kos jengkel, saat mau jemur cucian eh pakaian teman kos yang lain masih bertengger disana padahal sudah kering. Mau dibuang sayang hehe.. so kamu harus sadar jemuran itu bukan milik pribadimu yang bebas kapan mau naruh, kapan mau ngambil, tapi milik bersama dan terbatas oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu kamu harus segera mengambil jemuran ketika sudah kering, kalaupun jika kamu belum bisa ngambil pakaian di jemuran minta tolonglah ke teman untuk mengambilkannya.

MEMAKAI LISTRIK BERLEBIHAN

Selain tindakan penghambur-hamburan pakai listrik tidak wajar dapat menyebabkan naiknya tagihan listrik. Contohnya kamu menghidupkan kipas angin nonstop atau yang biasa dilakukan itu meninggalkan kamar tanpa mematikan lampu. Kebiasaan ini akan berdampak buruk jika bayar listriknya secara bersama-sama. Hal remeh temeh yang sangat memungkin adalah kecemburuan sosial sesama anak kos.

Baca Cuk:  Merayakan Imlek Ala Anak Kos Secara Bahagia

Masihkah kamu bertindak egois wahai anak kos?

BERBAGI
Taufiqo
Seorang Perantau yang bercita-cita ingin punya kos sendiri