Sesuai dengan namanya, Rice Cooker diciptakan untuk menanak nasi sekaligus menghangatkannya. Alat elektronik satu ini memang sangat praktis dan mudah digunakan. Kamu tinggal memasukkan beras beserta air sesuai dengan takaran, kemudian tekan tombol cook dan beras tersebut akan matang dengan sendirinya. Akan tetapi, jangan salah. Rice cooker jika sampai di tangan anak kos ternyata tidak hanya berfungsi sebagai alat penanak nasi loh, melainkan dapat menjelma menjadi robot serbaguna yang sangat membantu. Apa sajakah fungsi lain Rice cooker ala anak kos itu?

ALAT UNTUK MEMASAK AIR

Bagi anak kos yang belum atau tidak memiliki dispenser, keberadaan Rice cooker sangatlah membantu. Khususnya bagi para pecinta kopi, atau wedang hangat lainnya. Cukup dengan menuangkan air sesuai dengan kebutuhan ke dalam panci Rice cooker, tekan tombol cook, tunggu hingga mendidih dan air sudah bisa digunakan untuk menyeduh kopi, susu, atau wedang lainnya.

ALAT MEREBUS MIE INSTAN

Penyakit yang melanda kebanyakan anak kos saat tanggal tua mulai datang adalah penyakit ‘kanker’ alias kantong kering. Bagi anak kos yang terjangkit penyakit semacam ini, mie instan menjadi salah satu cara menanggulanginya. Selain harganya murah, cara membuatnya pun mudah. Pokoknya, mie instan adalah solusi yang tepat bagi anak kos saat virus tanggal tua mulai melanda.

Namun, bagaimana dengan kos yang tidak ada dapurnya? Apakah mie instannya cukup dikremes dan langsung dimakan begitu saja? Tentu saja tidak. Anak kos selalu punya otak cerdas untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Disinilah peran tambahan Rice cooker ala anak kos dapat kita temukan.

Cara memasak mie instan dengan rice cooker sama dengan ketika menggunakan kompor. Cukup tuangkan air secukupnya ke dalam panci, tunggu hingga mendidih lalu masukkan mie instan ke dalamnya. Step selanjutnya, pasti tahu sendiri lah yaa… Praktis bukan?

ALAT UNTUK MENGGORENG TELUR

Setelah nasi matang, anak kos yang dilanda lapar tentunya tidak akan berdiam diri. Mereka akan mencari cara untuk memasak lauk yang enak, tetapi tetap murah. Telur dapat menjadi salah satu solusinya. Tidak perlu menyalakan kompor, anak kos dapat menggunakan rice cookernya untuk menggoreng telur. Cukup panaskan mentega atau minyak sayur secukupnya, kemudian masukkan telur hingga matang dan siap disajikan. Cara ini adalah cara yang paling mudah jika anak kos sedang malas pergi keluar untuk membeli lauk, sedangkan tidak ada dapur dalam kosnya.

ALAT UNTUK MEREBUS KENTANG

Cocok untuk anak kos perempuan nih, yang lagi melancarkan progam dietnya. Kentang merupakan salah satu makanan alternatif pengganti nasi bagi orang yang sedang diet karena mengandung nutrisi yang lengkap antara lain kalori (rendah), serat dan vitamin C. Selain itu, kentang juga memiliki cita rasa yang lezat. Oleh karena itu, tidak salah jika banyak sekali yang memilih kentang sebagai makanan pengganti nasi.

Bagi anak kos, keberadaan rice cooker sangatlah membantu dalam hal rebus-merebus termasuk merebus kentang. Gak percaya? Coba aja. Cukup dengan memasukkan air dan kentang yang sudah dicuci bersih ke dalam panci rice cooker, tekan tombol cooknya, dan tunggu hingga matang. Supaya matangnya lebih sempurna, sebaiknya kentang di potong menjadi beberapa bagian. Terutama kentang yang berukuran besar.

ALAT UNTUK MEMASAK PUDING

Bagi anak kos yang gemar nyemil berat-berat, biasanya mereka akan memasak puding atau agar-agar. Lumayanlah sebagai teman ngerjain tugas atau sekedar nonton film. Apa lagi jaman sekarang sudah banyak sekali produk racikan puding yang bisa langsung dimasak. Yang pasti, merknya gak perlu disebut di sini lah ya…

Rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak puding lhoh.. Cukup ikuti petunjuk takarannya, lalu masak di Rice cooker. Tidak perlu repot membeli cetakan puding, karena panci Rice cooker dapat sekaligus menjadi wadah untuk mendinginkan puding. Percayalah, yang diutamakan anak kos bukanlah tampilan pudingnya, akan tetapi makannya. Benar nggak? jadi gak perlu repot mencari cetakan puding dong… cukup setelah puding mendidih, matikan rice cookernya dan tunggu hingga puding dingin dan siap disantap di tempat.

Kamu punya manfaat rice cooker lainnya? Jangan ragu, share pengalamanmu dikolom komentar ini yah…

BERBAGI
Eka Rafika
Mahasiswi semester muda yang doyan ngopi