Beranda Artikel Jangan Sampai Kamu Salah pilih Kos. Simak Jenis-jenis Kos Ini!

Jangan Sampai Kamu Salah pilih Kos. Simak Jenis-jenis Kos Ini!

1854
cari kos, jenis kos, anak kos pilih kos, tips pilih kos
cari kos, jenis kos, anak kos pilih kos, tips pilih kos

Tidak bisa dipungkiri, saat pertama kali seseorang merantau, pasti ia akan mencari dan memilih kos sesuai kriterianya. Agar tidak kecewa, nih pertimbangannya, pertama ia akan mencari kos yang menyediakan dan memiliki fasilitas yang diinginkan. Kedua, dia akan mencari kos sesuai jumlah uang yang ia miliki untuk “rumah kedua” nya itu.

Hmmm, kalau yang kedua ini biasanya yang paling sering jadi pertimbangan. Karena mau bagaimanapun, mahasiswa identik dengan segala kebutuhan yang super super banyak, jadi ia harus pinter-pinter ngatur uang yang dikasih orangtua. Mahasiswa pun punya kegiatan dan aktivitas yang super padat. Masa iya, uangnya habis buat bayar uang kos yang cuma buat numpang tidur malam aja, no no no!. [Baca: Tips Ngekos di Jakarta]

Makanya dengan banyak pertimbangan ini itu, bisa dijelaskan nih jenis-jenis kos yang bisa jadi alternatif temen-temen yang baru akan mencari kos. Atau bisa juga, kalau ada yang mau pindah kos, simak yah

KOS LOW BUDGET (MURAH)

Kebanyakan mahasiswa akan memilih kos yang murah untuk menekan biaya hidup. Murah diidentikkan dengan segala hal yang apa adanya. Biasanya fasilitas yang didapat nggak memadai, namanya apa adanya. Contoh aja nih, harga kos cuma Rp. 200.000,00 aja. Jadi ya wajar kalau kamar sempit, pengap, tanpa kipas dan tanpa kamar mandi dalam. Kos murah macam ini biasanya cuma buat naruh barang aja sih sama kebanyakan mahasiswa, selebihnya mereka sering nomaden. Pindah sana sini di kos temen yang punya fasilitas melebihi kamar sendiri. Yawwn!

KOS HIGH BUDGET (MAHAL)

Udah nggak usah dipertanyakan lagi kan ya, ada uang ada barang lah istilahnya. Kita punya uang ya segalanya bakal terpenuhi. Jaman udah berubah bung! Beginilah hidup. Bagi mereka yang anaknya pengusaha (yang sukses loh ya, kalau yang masih merintis pasti tetep kudu hemat) akan memilik kos mahal ini. Biasanya fasilitasnya mantap deh, mulai dari kasur super nyaman, meja buat belajar, kamar bersih + wangi (karena biasanya ada yang bersihin), kamar mandi ada di dalam kamar jadi nggak perlu antri dan biasanya ada AC yang siap sedia mendinginkan ruangan ketika anak kos gerah. Beeh, mantap kan. Tapi biasanya harga kos ini berkisar mulai 750 sampai tak terbatas. [Baca: Dosa-doa Ibu Kos]

KOS KEJUT (ADA KEJUTAN DI SETIAP SISI RUANGAN)

Kos kejut? gimana ya itu. Hihihi, maksudnya ada yang selalu bikin terkejut saat noleh di setiap sisi ruangan. Kadang, ruangannya memang luas tapi tiba-tiba ada bos tikus yang lewat. Tokek yang pada paduan suara. Lantai ada yang retak, bau menyan tiba-tiba, ooops…coret yang terakhir. Kos kejut biasanya sih murah aja dan bikin kita di awal bilang “gue beruntung kos di sini” tapi ya bakal banyak kejutan yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

KOS KURANG BERUNTUNG (MAHAL TAPI FASILITAS NOL)

Menyedihkan adalah ketika kita membayarkan sesuatu tapi yang kita dapat tidak sesuai dengan yang sudah kita berikan. Hmm, jangan samakan sama cinta ya, karena cinta itu tidak melihat apa yang kita korbankan, kita selalu tulus dan ikhlas memberikan. Duh gagal fokus, malah baper. Kos kurang beruntung memang bener-bener suatu kesialan. Apalagi kalau misalkan kita sudah membayar kos selama satu tahun…duh zonk banget deh. Uang lenyap, fasilitas nol besar. Menderita sekali! Jangan sampai deh ya…kudu hati-hati nih. Begitu juga kalau pilih pasangan. Loh. [Baca: Tipe Anak Kos Berdasarkan Kamarnya]

KOS ISTIMEWA (SERBA ISTIMEWA)

Ini nih yang ditunggu-tunggu. Surga dunia banget lah pokoknya. Berasa yang punya kos tuh cuma sengaja bantu mahasiswa tanpa untung yang besar.

Ini yang punya kos biasanya orang yang sabar, baik dan suka menolong *apalah-apalah. Ya gimana nggak senang pake banget kalau bayarnya cuma 200 ribu sampe 350 ribu tapi dapet kasur, meja belajar, kipas angin, free wifi, free listrik, free air dan kamar mandi dalam…hmm jadi pengen di kos terus. Duh kuliahnya bisa-bisa terabaikan wkwkw. Bayar murah, kamar luas, fasilitas wah…siapa coba yang nolak. Tapi sayangnya cari kos yang istimewa begini susahnya minta ampun. Apalagi di jaman sekarang. Mustahil deh kayaknya…

Pagimana nih temen-temen yang pada mau ngekos? Udah dapet pencerahan belum? Semoga sudah ya…pastikan dapet kos yang point lima ya…ISTIMEWA. Tapi kalau dapat kos istimewa jangan suka di kos terus dan lupain kuliah. Pentingnya kan ngekos buat kuliah, bukan kuliah karena pengen rasain kos doang.  Utamakan kuliah, sampingkan gebetan, *eeh ngomong apa ini. Berharap kalian dapet kos yang sesuai keinginan kalian, Salam anak kos!

BERBAGI
Anindia Eka P
Si sulung dari 2 bersaudara. memiliki impian untuk menjadi penulis dan menginspirasi orang-orang disekitarnya