Beranda Artikel Merayakan Imlek Ala Anak Kos Secara Bahagia

Merayakan Imlek Ala Anak Kos Secara Bahagia

La wong namanya juga merayakan, masakya kamu cuma tiduran di kosan, membiarkan malam pergantian tahun imlek meluncur begitu saja

442
merayakan imlek
dok.istimewa

Tahun Baru Imlek sebagai tradisi pergantian tahun merupakan momen yang berharga bagi etnis Tionghoa. Mengapa, karena perayaan hari raya musim semi itu sudah menjadi pakem sejak jaman dinasti Xia dan dirayakan oleh seluruh etnis Tionghoa apapun agamanya. Bahkan menurut Sidharta, Ketua Walubi, masyarakat Tionghoa Muslim juga turut merayakan Imlek. Tradisi tahunan itu pun di kenal luas sebagai identitas budaya Tionghoa di tanah perantauan. Lantas bagaimana cara anak kos diperantauan untuk turut merayakan tahun baru imlek secara bahagia.

Mudik ke tanah asal

Mudik merupakan alternative bagi anak kos untuk merayakan tahun baru Imlek. Selain kamu bisa kumpul keluarga dan minta tambah saku, mudik juga bisa menambah semangat bagi kamu yang sedang galau atau terserang penyakit malarindu dengan seseorang.

Jangan berdiam diri di kos-an

Kalau kamu tidak bisa mudik, kamu harus mencari kesibukan. La wong namanya juga merayakan, masakya  kamu cuma tiduran di kosan, membiarkan malam pergantian tahun imlek meluncur begitu saja. Bikin dong kegiatan, rencanakan sesuatu atau ajak pacarmu, temanmu, gebetanmu keluar, cari angin di malam tahun baru imlek. Pasti seru.

Main Kerumah Teman Tionghoa

Bagi kamu yang kebetulan anak kos tionghoa, kamu bisa mengakali rindumu kepada rumah di malam tahun baru imlek dengan cara main kerumah teman tionghoa, rayakan bersama keluarga mereka. Kalaupun kamu bukan anak kos tionghoa kamu juga bisa main ke rumah teman Tionghoa untuk melihat lebih dekat perayaan Imlek.

Nonton Festival Barongsai

Daripada bosen di kamar kos lebih baik kamu keluar liat kemeriaahan perayaan Tahun baru imlek. Biasanya ada festival barongsai di Mall atau Dekat klenteng. Kamu bisa ajak teman kesana. Kalau tidak ada yang mau. Ya udah kamu pergi sendiri aja. Masak ga berani?

Berburu Angpao

Salah satu Tradisi Perayaan Imlek adalah membagikan angpao. Tau kan angpao itu apa? Iseng-iseng kamu berburu angpao siapa tahu untuk dapat uang saku lebih. Kalau pun zonk ya jangan kecewa kan iseng berburu angpao. Biyar lebih seru ajak teman kamu untuk berburu angpao juga.

Mendaki Gunung

Semenjak presiden Abdurrahman Wahid atua Gus Dur meresmikan Imlek sebagai hari raya libur nasional. Maka kamu bisa memanfaatkan untuk liburan, refreshing macam mendadi gunung. Istimewanya adalah menghabiskan malam pergantian tahun baru imlek disalah satu puncak. Keren kan?

Nonton Film

Yap ini adalah hobi sekaligus kebiasaan anak kos saat hari libur tiba. Ya nonton film atau nonton drama di laptop adalah pilihan bagi anak kos yang sedang malas keluar. Biar lebih kontekstual kamu bisa nonton film-film yang berbaru tionghoa, kamu bisa sewa kaset atau download di warnet terdekat. Woy itu dulu, sekarang mah tinggal streaming aja keles.

Tetap Menjalani aktivitas biasa

Yang terakhir ini biasanya dilakukan oleh anak kos yang sudah tidak mengangap istimewa setiap perayaan tahunan. “Paling ya gitu-gitu aja. Dulu udah pernah”.  Ini juga berlaku bagi para anak kos yang juga ‘’karyawan”,  di hari raya imlek pun mereka akan tetap bekerja.

Tanpa adanya para “karyawan’’, mungkin Mall mall itu akan tutup. Hidup pekerja!. gong xi fa cai

BERBAGI
Kontributor
Kontributor sejati anakkos.com