Kamu belum diakui “sah” menjadi anak kos jika belum pernah mengalami masa “paceklik” atau bokek. Kondisi semacam ini biasanya dialami anak kos pada tanggal-tanggal tua atau telatnya jatah kiriman dari orang tua. Sementara kewajiban isi perut minta dipenuhi minimal sehari sekali. Belum lagi bagi mereka yang “ahli hisap” (perokok) atau yang doyan jajan. Hmmm masyaallah, kritis. Jika sudah demikian ada dua cara. Pertama kamu bisa pinjam sejumlah rupiah kepada teman atau pacar kamu. Kedua, kamu bisa gadaikan barang-barang yang ada di kos untuk menyelamatkan hidup kamu dari bahaya kelaparan. Barang-barang anak kos apa saja yang bisa kamu gadaikan:

SEPEDA MOTOR

Sepeda motor adalah barang anak kos yang sangat potensial untuk menyelamatkan bahaya kelaparan. Karena hampir setiap orang diperkotaan membutuhkan sepeda motor untuk mobilitasnya. Sarat pertama dan utama, sepeda motor milik sendiri, jangan sampai gadai sepeda motor milik teman kos, karena urusannya bapak panjang lebar. Kedua, memiliki STNK karena kalau tidak sepeda motor kamu patut dicurigai. bodong. Ketiga gadaikan ke tempat penggadaian yang memiliki “bunga” kecil. Saya sarankan gadaikan ke teman dekat saja, karena nol bunga. iya dak?

BPKB SEPEDA MOTOR

Masih ingat  dengan slogan “Mengatasi masalah tanpa masalah,” proses cukup 15 menit, uang cair. Saat kepepet kamu bisa saja kepikiran untuk menggadai BPKB Sepeda Motor di penggadaian tersebut. sayaratnya mudah, kmu cukup datang ke tempat penggadaian terdekat, sambil menyerahkan syarat-syarat yang harus kamu lengkapi sebagaimana peraturan penggadaian tersebut.

Baca Cuk:  Tiga Pertanyaan Penting Untuk Isu Komunisme

NETBOOK, NOTEBOKK/LAPTOP

Ini penting, kebiasaan orang Indonesia menganggap netbook, notebook dan leptop itu sama saja, tapi sebenarnya berbeda. Dari segi bahasa, netbook dan notebook berasal dari bahasa Inggris sementara laptop berasa dari bahasa Indonesia yang berarti komputer jinjing. sementara dari segi spesifikasi, netbook memiliki ukuran 6-13 inc dan tidak memilik DVD-ROOM sedang notebook memiliki ukuran 13.1-18 inc ada yang memiliki DVD-ROOM ada yang tidak. Untuk Laptop sendiri memiliki ukuran layar 18.1 keatas. Seiring perkembangnya notebook juga disebut laptop.

Netbook, notebook/leptop ini dapat kamu gadaikan bila sedang berada di zona paceklik. Resepnya makin bagus spesifikasi, merek dan tahun pembelian yang baru, harga yang ditawarkan akan lebih tinggi.

SMARTPHONE

Nah kamu bisa gadaikan smarphone kamu untuk bertahan hidup, ya minimal bisa untuk bertahan seminggu. caranya gimana? hampir sama dengan menggadaikan laptop, semakin bagus merek, spesifikasi dan tahun pembelian baru maka semakin tinggi harga yang ditawarkan. Selagi kamu tidak memakai smartphone kamu bisa gantian smartphone dengan pacar. Kalau pacar tidak mau, putuskan saja. Hehe

JAM TANGAN

Kalau ini jelas tidak sembarang jam tangan, jam tangan yang kamu beli disekaten atau dipasar malam yang harganya 25 ribuan itu pasti akan di tolak oleh penggadaian secara mentah-mentah. Jam yang kamu gadai itu ya tentunya jam yang bermerk Semacam Rolex, Casio, Oakley atau jam antik. Kamu bisa gadai dikolektor jam atau di penggadain biasa. Tentunya uang yang ditawarkan akan lebih murah dari tiga yang saya sebutkan diatas.

Baca Cuk:  Fungsi Lain Rice Cooker Ala Anak Kos. Maksimalkanlah!

PERHIASAN

Hampir anak kos cewek memiliki perhiasan yang menempel di badan atau yang disimpan di almari. Baik itu bentuk gelang, kalung, sumbing maupun cincin. Nah jika kamu berada dalam kondisi darurat kamu bisa menggadaikan perhiasan ini untuk kamu tukar dengan sejumlah uang. contoh, kamu bisa menggadaikan di toko emas atau penggadaian yang memang menangani barang-barang berharga lainnya.

“Dak apa-apa kan kalau dak mengenakan perhiasan dalam jangka waktu tertentu?”

KEMEJA PUTIH, CELANA KAIN DAN SEPATU PANTOFEL

Jangan salah tiga barang terakhir ini bisa kamu gadaikan loh, bukan kepada penggadaian tapi kepada teman atau mahasiswa baru yang membutuhkan untuk keperluan Ospek, Opak atau wawancara pekerjaan. Seringkali orang malas membeli barang yang kegunaanya hanya beberapa hari saja, maka mereka akan lebih pada meminjam atau menyewa tiga barang diatas. Jadi tak ada alasan anak kos untuk tidak berpikir kreatif dan survive disegala medan kehidupan yang kadang seperti rasa kopi tanpa gula ini.

BERBAGI
Taufiqo
Seorang Perantau yang bercita-cita ingin punya kos sendiri