Beranda Artikel Anak Kos! Jangan Makan Mie Terus Lah, Coba Bikin 13 Masakan Sederhana...

Anak Kos! Jangan Makan Mie Terus Lah, Coba Bikin 13 Masakan Sederhana Ini

Ga bosen kamu makan mie rebus terus, sekali-kalai kreatif dong.

23143
makanan ala anak kos sosis, ketela, singkong, telur, mie, roti bakar,
makanan ala anak kos sosis, ketela, singkong,

Belum bisa dikatakan sebagai anak kos kaffah jika belum pernah memasak. Begitulah kiranya menggambarkan betapa mandirinya anak kos dibelantara dunia ini. Memasak merupakan pilihan terbaik untuk berhemat dibanding beli makan di angkringan apalagi warung padang. Meski gitu, memasak sendiri tak melulu bikin selera makanmu menurun kok, asal kamu ngerti resep makanan berikut ini. Apa saja? yuk sini merapat.

Omelet ala anak kos, omelete mie instan rebus idola

Ga bosen kamu makan mie rebus terus, sekali-kalai kreatif dong. Bikin mie rebus kamu jadi omlet yang kaya akan nutrisi. Cukup campurkan mie instan yang sudah direbus dengan telur kemudian tambahkan Lombok, bawang merah, bawang putih dan garam. Kalau dak ada cukup garam sebenarnya sudah oke kok. Lantas goreng, bolak-balik hingga matang sempurna. mudah kan vroh?

Bikin nasi goreng dengan tampilan unik

nasi goreng ala anak kos
Sumber gambar: resepmembuat99.blogspot.com

Di kamar kosan cuma ada nasi dan sisa bumbu kemarin. Jangan bingung, bikin nasi goreng. Gak bisa bikin nasi goreng, kebangeten. Cukup bikin bumbu seadanya, goreng terus campurkan nasi aduk sampai rata dan berubah dari putih menjadi kekuning-kunginan. Udah gitu aja.

Steak tempe ala anak kos, solusi makan “mewah” untuk anak kos

steak tempe ala anak kos
Sumber gambar: resephariini.com

Jangan salah tempe diluar ngeri harganya jauh lebih mahal dari pada telur. Meski di Indonesia tempe harganya memang murah, tapi tidak akan pernah jadi murahan kalau kamu bisa berkreasi saat memasaknya. Sekali-kali bikin steak tempe. Caranya kukus tempe, kemudian tumbuk lembut dan uleni dengan bumbu. Bikin kotak-kotak atau sesuai dengan selera, baru di goreng. Jadilah steak tempe, murah tapi elegan.

Pepes tahu, sekali-kali makan yang ga digoreng-goreng

pepes tahu ala anak kos
Sumber gambar: masakansedap.com

Mencari tahu sama mudahnya mencari tempe, ya jenis makanan satu ini mudah kamu temukan dimanapun, apalagi dipasar. Pasti banyak. Meski tahu termasuk makanan yang murah tapi bukan murahan ini selain digoreng ternyata bisa dijadikan pepes tahu yang rasanya makyuss. Caranya mudah sekali, cukup kukus tahu kedalam ricecooker kamu. tunggu beberapa menit jadilah pepesan tahu. [Baca: Fungsi lain ricecooker]

Sup sayuran, bikin tubuhmu semakin sehat dan fresh

Jangan sepelekan, makan sayuran ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kebugaran tubuh. Dalam sayuran tersimpan vitamin yang bisa mencukupi kebutuhan tubuhmu. Coba deh, kamu beli satu bungkus bahan sop di abang sayur yang sering lewat depan kos. Cara masaknyapun sangat mudah, cukup rebus sayuran kemudian tuangkan bumbuh, dah gitu ajah.

Tumis kangkung, enak sedap dan gampang bikinnya

kangkung ala anak kos
sumber gambar; tribunnews.com

Pernah makan di rumah makan? salah satu menu yang biasa tertera adalah tumis kangkung. ya, tumis kangkung selain bumbunya sederhana cara masaknya pun tak rumit. Mengapa kamu dak kepikiran tuk bikin tumis kangkung sendiri? abis baca artikel ini bikin ya.

Telur rebus, bikinnya mudah bergizi pula

telur rebus ala anak kos
Sumber gambar: youtube.com

Selain rebus air, rebus telur adalah cara masak yang paling sederhana dan mudah. Siapapun pasti bisa melakukannya. Bikin telur rebus bisa menjadi solusi menghemat di tanggal tua. Telur rebus selain mudah memasaknya juga kaya akan protein dan gizi, selain itu telur rebus tak perlu bumbupun sudah enak di makan.

Puding sederhana ala anak kos, pencuci mulut paling pas

puding ala anak kos
Sumber gambar:

Jajan, kamu butuh jajan, bahkan kamu justru menghabiskan banyak uang untuk jajan bukan makan, ada cokelat, ada es cincau atau cemilan lainnya. Jadi kebutuhan makan anak kos ternyata bukan Cuma nasi, lauk dan sayur, ada jajan juga. Dari pada uangmu habis dijajan, kamu bisa coba bikin puding sebagai ganti jajanmu. Cara bikinnya mudah, gunakan ricecookermu. Jadilah puding ala anak kos.

Sosis gulung mie, gurih dan renyah

sosis gulung ala anak kos
Sumber gambar: sosisbakarsenayan.wordpress.com

Kegunaan mie instan bukan cuma direbus, ternyata selain diguanakan bahan bikin omelet, mie instan juga bisa digunakan untuk resep gulung. Caranya celupkan sosis ke dalam telur lalu gulungkan mie yang sudah direbus di bagian luarnya. Lalu goreng, jadilah sosis gulung mie yang gurih dan renyah.

Donat ala anak kos, manis dan gurih

donat ala anak kos
Sumber gambar: masakanharian.com

Cemilan satu ini banyak digemari, apalagi diatas donat ditaburi meises coklat, nyammie, kebayang enaknya. Caranya bikinnya sebenarnya lumayan ribet, soalnya harus mencampur bahan olahan, baru menggorengnya. Tapi jika kamu lagi selo dan ada sedikit dana bikin donat bisa jadi solusi untuk cemilanmu. Cobain deh.

Kentang goreng, buatan sendiri lebih mantap

kentang goreng ala anak kos
Sumber gambar: kentangbekujakarta.wordpress.com

Cara memasak makanan ini paling sederhana, cukup kentang iris sesuai keinginan, biasanya diiris seperti batang korek api, kemudian ditaburi tepung yang sudah dicampur dengan bumbu atau garam. Setelah itu goreng, tunggu sampai benar-benar matang. Jadilah kentang goreng ala anak kos yang lebih mantap dari pada beli di restoran fast food.

Roti bakar ala anak kos, roti bakar made in setrika-an

roti bakar ala anak kos
Sumber gambar: hipwee.com

Hujan-hujan gini tiba-tiba pengen roti bakar, tapi uang di kantong tak mencukupi, jangan bingung, kamu tak harus terus-terusan beli, cobalah roti tawar kamu itu dibikin roti bakar. Caranya? ambil strika lantas tutup roti bakarmu dengan kretas lalu gosokkan strika panas diatasnya, jadi deh, roti bakar made in strika ala anak kos yang tak kalah lezat ama roti bakar bandung yang di jual dipinggir jalan sana.

Singkong rebus, pengganti nasi yang cocok dimakan sama kopi

Singkong ya bukan anak singkong apalagi kingkong. Makanan desa yang sekarang sudah menasional sebab adanya tela-tela, bahkan singkong sudah menjadi makanan menengah keatas. Istilahnya naik kelas gitu. Selain digoreng, singkong juga nikmat, jika direbus dan dimakan saat masih hangat. Singkong selain sebagai pengganti nasi (kamu ikut program diversifikasi pangan) juga bisa sebagai cemilan yang cukup menyimpan kandungan karbohidrat .

Pesan; meski anak kos, jangan makan asal murah saja tapi perhatikan kandungan gizinya juga.

BERBAGI
Taufiqo
Seorang Perantau yang bercita-cita ingin punya kos sendiri