Beranda Artikel 9 Buku yang Wajib di Baca Anak Kos

9 Buku yang Wajib di Baca Anak Kos

1629
9 buku yang wajib di baca anak kos hari buku nasional
9 buku yang wajib di baca anak kos

Saya kira semuanya sepakat jika buku adalah jendela dunia. Setidaknya begitu kata Andrea Hirata. Tak terkecuali bagi anak kos, apalagi anak kos yang menyandang mahasiswa, saya kira membaca bagi mereka sudah menjadi kebutuhan bukan lagi kewajiban sebagaimana anak-anak yang tiap abis maghrib disuruh orang tuanya untuk belajar dan baca buku. Sebab anak kos bukanlah anak kecil. Faham!

Membaca buku bukan untuk gagah-gagahan, baca buku agar kita tidak tertinggal dalam wawasan, pengetahuan dan kita punya referensi dalam berbicara dan bersikap.

Sebagaimana sikap kita terhadap PKI dan Indonesia, saya kira itu ditentukan dari apa isi kepala kita. Sebagaimana dalam catatan status facebook Muhidn M Dahlan (2016) Indonesia itu terbangun dan terpahat oleh anyaman banyak ide dan gagasan; dari kaum nasionalis, Islam dan agama-agama samawi, pagan, sosialis, komunis. Dengan gradasi dan coraknya sendiri, ide-ide itu diperjuangkan lewat banyak panggung dan sawala.

Dari sini jelas, bacaan dan pengetahuan akan menentukan kapasitas intelektual seseorang dalam membaca maupun melihat fenomena. Banyak membaca membuat pengetahuan kita semakin luas dan membuat cara pandang kita tidak kaku, tidak tersinggungan, tidak mudah menghakimi apalagi frontal macam orang-orang yang phobia diluar sana. Nah, mumpung kita masih diberi kesempatan untuk membaca, marilah wahai anak kos diseluruh dunia untuk membaca buku-buku yang saya rekomendasikan berikut ini.

1. Dunia Sophie

Mengapa novel karya Jostein Gaarder ini saya taruh di pertama? karena kamu akan mendapat dua keuntungan sekaligus. Pertama kamu bisa menikmati cerita novel nan menawan, kedua adalah kamu bisa belajar filsafat secara mudah karena penyajiannya yang kreatif dan sederhana.

Muatan filsafat ini nantinya bikin kamu pusing punya cara pandang yang lebih luas dan mendalam.

Buku ini berkisah tentang Sophie Amundsend, seorang gadis berumur empat belas tahun yang duduk di sekolah menengah sewaktu pulang sekolah tiba-tiba mendapatkan surat misterius di depan pintu rumahnya bertulis pertanyaan “Siapa Kamu?”  yang membuat Sophie terheran-heran sembari bertanya siapa yang mengirim surat ini padanya. Sambil merenung memikir surat tersebut Sophie kembali menemukan amplop berisi secarik kertas didalam kamarnya yang berisi pertanyaan-pertanyaan aneh seputar rutinitas keseharianya yang membuat dia tercengang. Penasaran? Beli dan segera baca.

2. Student Hidjo

Bagi anak kos wajib baca ini, sebab buku ini menceritakan tentang kisah Hidjo, seorang pelajar jawa yang di suruh merantau ke Belanda untuk menuntut ilmu dan diperantauan itu, ia jatuh cinta sama seorang gadis cantik bernama Betje. Betje adalah putri pemilik yang ditinggali Hidjo.

Betje menganggap Hidjo adalah sosok pria yang punya prinsip dan unik karena etnisnya.

Awalnya Hijdo menanggapi dingin ketertarikan Betje, tapi “tresno jalaran soko kulino” membuat mereka saling perhatian dan jatuh cintah. Hubungan keduanya pun lama-kelamaan romantis dan biologis seksual. Novel Student Hidjo ini ditulis oleh seorang Jurnalis asal tanah Blora, Marco Kartodikromo saat ia berada didalam penjara kolonial pada tahun 1918.

Baca Cuk:  Awas! Bahaya Laten MLM

3. Tetralogi Pulau Buru

Buku ini rekomended banget, ini bukan soal ketenarang seorang Pramodya Ananta Toer, tapi ini soal perlawanan atas ketidakadilan. Revolusioner banget ga sih? Hehe. Iya, Tetralogi adalah empat novel yang memiliki kesinambungan cerita. Yaitu Bumi Manusia (1981), Anak Semua Bangsa (1981), Jejak Langkah (1985) dan Rumah Kaca (1988). Empat novel tersebut mengkisahkan tentang perjalanan seorang tokoh pribumi yang bernama Minke yang melawan kesombongan pemerintahan colonial pada tahun 1900-an.

Novel ini akan membawamu flashback pada masa jauh sebelum kemerdekaan.

Ceritanya detail bahkan saat pertama kali saya baca, saya serasa bermimpi kembali pada zaman dahulu, saya bermimpi menjadi seorang Minke, yang gagah, sangat dan cerdas. Ceritanya makin lengkap dan gurih dengan diselipkan bumbu kisah asmara yang melo dan FTV atau koreaan gitulah. Dalam kisah asmaranya Minke pernah menjalin sejumlah wanita yang berasal dari berbagai etnis. Namun menurutku, Annalies Malemma yang tiada duannya.   Kamu bisa menemui kisah ini di buku Bumi Manusia. Dan saya sarankan kamu membaca buku ini dahulu baru ketiga lainnya. Alasannya? Nanti kamu akan tahu sendiri.

4. Da Vinci Code, Lost Symbol, Angels and Demond, dan Inferno

Bagi anak kos yang suka film, pasti pernah nonton, kalau belum, wes, setidaknya pernah dengerlah kata Da Vinci Code. Film tersebut ternyata di adopsi dari novel karya Dan Brown.Keempat buku itu menceritakan tentang  perjalanan Robert Langdon untuk mengungkap konspirasi didunia.

Buku ini sangat cocok buat kamu para anak kos yang suka tentang teori konspirasi. Misalnya konspirasi para mantan atau konpirasi teman yang akan menikung pacar.

Empat buku Dan Brown ini layak menjadi referensi kamu untuk membongkar perselingkuhan pacar kita, wkwkw  atau biar kekinian, untuk membongkar konpsirasi kepolisian dengan bla-bla-bla. Selain itu wawasan kamu menjadi lebih luas dan terbuka. Bahkan didalan novel ini terdapat banyak kode-kode (semiotik) yang dapat kamu pelajari. Baca buku ini dijamin seru deh

5. Catatan Seorang Demonstran

Bagi kamu, seorang mahasiswa, wajib baca buku ini. pertama biar kamu tidak cengen. Kedua agar kamu belajar bukan untukmu tapi juga untuk lingkunganmu. Maksdunya? Sebagaimana Soe Hok Gie dalam buku Catatan Seorang Demonstran ini, meruapakan aktivis mahasiswa angkatan 66 yang selain belajar juga peduli terhadap keadaan sosial politik dan sosial kemasyarakatan yang sedang terjadi pada masanya.

Intinya menjadi seorang anak kos, mahasiswa maupun anak muda secara umum jangan apolitis/acuh terhadap lingkungannya.

Catatan Soe Hok Gie ini diterbitkan atas prakarsa teman-temannya. Mereka menginginkan pemikiran Gie tentang bagaimana seharusnya pemuda berpikir dan bertindah dapat menghegemoni pemikiran pemuda saat itu. Hingga akhirnya pada tahun 2003, Riri Riza dan Mira Lesmana (Sineas) mengadopsi buku ini kedalam sebuah film yang diberi judul GIE. Buku ini dapat menjadi referensi kamu para aktivis, Pesuka film dan anak alam atau Mapala.

Baca Cuk:  3 Alasan Nusantara Mengaji Tidak Menarik Bagi Anak Kos

6. Madilog

Sumber: tokopedia.com

Sebagian orang yang belum tentu membaca buku ini mengatakan buku ini haram, karena isinya adalah pemikiran PKI. Ops, tunggu dulu gaes. Madilog adalah salah satu karya pemikiran anak Indonesia yang diakui oleh dunia karena ke orisinilah pemikirannya. Bahkan Frans Magnis mengatakan Madilog adalah karya filsafat pertama anak Indonesia, dan selayaknya Tan Malaka mendapat predikat seorang filsuf.

Buku ini memang agak berat gaes, tapi jika buku ini kamu resapi perlahan-lahan kamu akan menemukan titip temunya. Karena saya bodoh, saya baca buku ini dua kali, itupun harus dibarengi sama diskusi agar paham.

Buku ini ditulis oleh Tan Malaka. Pada catatannya tahun 1946, ia mengaku menulis buku ini selama delapan bulan. Tepatnya pada tanggal 15 juli 1942 sampai 30 maret 1943. Tepatnya 720 jam, tiga jam sehari.

Buku ini memadukan tiga konsep pemikiran, yaitu, Materialis, Dialektis, dan Logika.

Meski pemikiran Tan ini banyak dipengaruhi pemikir seperti Hegel, Engels, dan Marx, bukan lantas dia seorang komunis yang harus dimusnahkan dan buku-bukunya dilarang terbit di Indonesia sebagaimana jaman Jahiliyah orde baru. Tan Malaka sendiri pernah menulis buku tentang islam dan mungkin banyak sekali tokoh ormas islam saat ini yang tidak tahu jika Tan ini seseorang yang sangat mencintai islam!

7. Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

sumber: tokopedia.com

Sebuah buku otobiografi yang ditulis oleh wartawan cantik, cindy adams ini layak menjadi bacaan anak kos dimanapun berada dengan tiga alasan besar. pertama buku ini bisa dibilang otobiografi resmi Soekarno, presiden pertama RI yang digadang-gadang baik didalam negeri maupun luar negeri. Kedua, ia adalah bapak revolusioner yang memiliki jiwa muda, pemberani dan punya visi jelas kedepan. Ketiga, bung Karno adalah sama-sama manta anak kos yang mampu survive dimanapun berada, saya kira Soekarno bisa menjadi salah satu refensi anak kos, terutama bagi anak kos yang ingin menaklukkan hati anak ibu kosnya maupun ibu kosnya sendiri.

Saya masih ingat dengan pembukaan buku ini, “Cara yang mudah menggambarkan sosok Soekarno ialah dengan menyebutnya seorang mahapencinta. Dia mencintai negerinya, dia mencintai rakyatnya, dia mencintai perempuan, dia mencintai seni, dan diatas segalanya, dia mencintai dirinya sendiri,” tulis Cindy Adams mengawali tulisannya.

Baca Cuk:  Merayakan Malam Tahun Baru Ala Anak Kos

8.Tuhan Ijinkan Aku Jadi Pelacur

Buku ini saya baca tahun 2011 dan saya baca ulang di tahun 2013. Isinya tetap sama tapi cara pandang saya yang berubah. Kalau dulu buku ini saya baca sekedar menikmati alur ceritanya, tapi dua tahun berikutnya buku ini membuka saya tentang “Jangan tertipu sama cover,” karena pada dasarnya Isi yang subtansial.

Buku penulis tersohor Muhidin M Dahlan ini memaparkan dan menggambarkan banyaknya topeng-topeng putih bermerek moral dan Agama dibalik wajah-wajah busuk. Tentang politik, juga debat-debat masalah Tuhan yang membuat seseorang (yang awam) seperti saya ini membatu. Tak paham berbalik takut. Takut saat melihat kenyataan, bahwa hitam maupun putih sama-sama mengaku putih. Takut saat hitam dan putih sama-sama terlihat putih, terkadang sama-sama terlihat hitam.

Buku ini berkisah tentang pencarian tokoh Kiran akan Tuhan. Pertemuan dengan sebuah jalan. Berakhir pada kekecewaan.

Kiran yang begitu bersemangat untuk beribadah kepada Allah kemudian bertemu dengan seorang laki-laki bernama Dahiri. Dahiri adalah seorang laki-laki anggota organisasi Islam garis keras. Dahiri itulah yang mengantarkan Kiran hingga memasuki sebuah jamaah yang katanya ingin menegakan Dienul Islam di Indonesia. Dengan semangat yang besar, Kiran bergabung dengan mereka. Kiran memasuki jemaah yang pada akhirnya “dia anggap” membuatnya tersesat kedalam dunia narkoba dan seks bebas hingga novel itu usai.

9. Anna Karenina

Buku terakhir ini saya rekomendasikan bagi kamu anak kos yang saling catuh cinta sama seorang cewek yang sudah punya pasangan. Buku ini akan membuat mengerti tentang seluk belum perempuan dalam keluarganya, dengan membaca ini kamu juga bisa lebih mengerti tentang keinginan seorang perempuan. Sebelum kamu nekat menggondol pacar orang atau bahkan istri orang, alangkah baiknya kamu membaca buku ini.

Novel ini menceritakan seorang sosialita Russia, Anna Karenina pada akhir abad ke-19. Anna yang cerdas dan memesona berani mencampakkan suami serta anaknya demi kehidupan bersama kekasih gelapnya, Alexis Vronsky. Anna tidak peduli sama lingkungan atas apa yang ia lakukan karena percaya bahwa cintanya dengan Vronsky adalah segala-galanya.

Satu hal yang saya pelajari dari buku Leo Tolstoy ini bahwa “love is not enough, because life will get in the way.

Cinta tidak cukup untuk mempertahankan suatu hubungan, karena berbagai faktor kehidupan akan mempengaruhi keberlangsungan hubungan, apakah bisa utuh atau justru tercerai berai.

itulah 9 rekomendasi buku atas pandangan pribadi saya, saya tidak terafiliasi terhadap ormas maupun iklan manapun.

BERBAGI
Taufiqo
Seorang Perantau yang bercita-cita ingin punya kos sendiri