Beranda Artikel Mungkin Anak Kos Mengira Hal-Hal Berikut Ini Adalah Hal Remeh Temeh, Tapi...

Mungkin Anak Kos Mengira Hal-Hal Berikut Ini Adalah Hal Remeh Temeh, Tapi Sebenarnya Sangat Penting

1165
hal remeh temeh, anak kos, kehidupan anakkos,
hal remeh temeh, anak kos, kehidupan anakkos,

Banyak anak yang rela untuk pergi ke luar kota dan hidup tanpa orang tua demi memperjuangkan cita-cita. Tak lagi tinggal satu atap dengan orang tua, mereka memilih kos untuk mereka tinggali. Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang “berkelana”, ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan, mulai dari memilih kos, bergaul dengan orang sekitar dan menerapkan gaya hidup sehat sebagai anak kos.

Memilih kos berarti memilih lingkungan hidup yang baru. Jangan asal pilih kos yang murah ya!

Sekarang, mencari kos bukan merupakan hal yang sulit karena kamu bisa searching di internet. Dalam hal ini, situs cari-kos.com mungkin bisa membantu kamu mendapatkan beberapa tawaran yang sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, cara ini tidak lah cukup karena kamu seharusnya tidak percaya 100% dengan apa yang diiklankan.

Kamu juga perlu cek langsung kosnya. Selain memastikan lingkungan sekitar yang aman dan ramah, kamu juga perlu memastikan fasilitas-fasilitas yang kamu dapatkan. Lingkungan yang tidak aman memiliki banyak resiko, termasuk kasus kehilangan barang. Biaya kos yang murah akan menjadi jauh lebih mahal jika kamu sampai kehilangan smartphone, laptop, uang, dll.

Selain itu, buat kamu yang punya kegiatan hingga larut malam, kamu perlu membicarakannya dengan pemilik kos dan pastikan lingkungan sekitar juga bersikap terbuka dengan apa yang kamu kerjakan. Banyak anak kos yang bekerja part time hingga larut malam, tapi di sisi lain, masih banyak juga warga yang berprasangka buruk dengan anak-anak kos yang pulang larut malam.

Ada banyak anak yang mengira bahwa mereka mendapatkan harga kos yang murah, padahal sebenarnya mereka harus membayar lebih mahal. Kos murah tidak hanya soal berapa biaya per bulan, semester atau tahun yang harus dibayar, tapi juga tentang biaya-biaya lain yang perlu dibayar.

Contoh paling simpel adalah mengenai lokasi. Meskipun harga kos di dekat kampus lebih mahal, tetapi jarak yang dekat bisa mengurangi pengeluaran bulanan kamu. Kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos lebih untuk menuju ke kampus. Pastikan juga beberapa hal yang memungkinkan kamu mengeluarkan uang lebih, seperti biaya listrik, biaya air, biaya maintenance kos, dll. Banyak juga lho pemilik kos yang menawarkan harga murah di awal, tapi menyita banyak uang di bulan-bulan ke depannya. Waspada lah, waspada lah!

Perbandingan harga adalah hal yang wajib kamu lakukan. Selain mendapatkan informasi dari internet, kamu juga perlu cross check dengan keadaan lapangan. Jangan malu bertanya kepada orang sekitar mengenai harga kos di lingkungan tersebut. Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, pilih lah waktu yang tepat. Hindari masa-masa tahun ajaran baru, karena pada saat ini harga kos relatif lebih tinggi. Mending kamu cari kos di bulan-bulan sebelum atau setelah Juni hingga Agustus. Bisa jadi kamu dapat harga yang negotiable.

Ingat, apa yang kamu peroleh adalah hasil dari apa yang kamu lakukan!

Hal ini dirasa cukup sederhana, tapi kenyataannya banyak yang mengabaikan. Senyum dan sapa itu penting. Bersikap ramah lah dengan tetangga kos. Sapa mereka dan berikan senyuman ketika kamu pergi dari dan pulang ke kos. Hal ini akan membuat kamu dikenal dan diperhatikan. Sesekali ajak mereka makan bareng dan melakukan kegiatan bareng, seperti bersih-bersih, nonton film, nge-game, atau sekedar ngobrol dan bercanda.

Setiap kos pasti punya aturan-aturan tersendiri. Perhatikan betul setiap aturannya dan lakukan dengan baik. Jangan mentang-mentang kamu punya banyak kegiatan, kamu tidak melakukan tugas piket. Perhatikan juga aturan mengenai menerima tamu, memarkir kendaraan, memainkan alat musik atau mendengarkan musik, dsb.

Hal yang juga penting adalah untuk tidak memakai barang-barang milik orang lain, kecuali dengan ijin dari si pemilik pastinya.

Jangan pelit! Kamu perlu menyisihkan uang kamu untuk berbagi. Tidak harus selalu mentraktir makan kok. Berikan apa yang kamu mampu. Bahkan, kadang ada teman yang butuh air panas untuk membuat kopi dan snack untuk teman ngobrol dan bersantai. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga jadwal dan kesibukan teman kos. Begadang mungkin bukan suatu masalah buat kamu, tapi teman kamu mungkin perlu istirahat yang cukup.

 

Baca Cuk:  Diplomasi Teras Kos

Hidup sederhana dan seadanya di kos bukan berarti tidak bisa hidup sehat.

Untuk berhemat, banyak anak kos yang makan hanya 2 kali sehari dengan porsi yang banyak. Banyak dari mereka yang mengabaikan sarapan. Padahal, selain untuk kesehatan, sarapan juga penting untuk menjadikan kamu lebih semangat menjalani hari. Gak punya banyak waktu karena masuk pagi? Ada beberapa saran sarapan cepat dan sehat bagi kamu yang super sibuk di sini.

Selain sarapan, hal penting lain yang sering diabaikan adalah pola tidur. Meskipun jam masuk kuliah siang atau shift kerja siang, kamu juga perlu bangun pagi. Banyak hal yang bisa dilakukan di pagi hari yang bisa membuat kamu lebih sehat dan produktif.

Kebersihan adalah faktor utama kesehatan. Akan tetapi, banyak yang malas melakukannya.

Jangan menumpuk sampah. Pastikan kamar kamu mendapatkan sirkulasi udara dan akses sinar matahari yang cukup. Secara rutin, kamu juga perlu membersihkan kamar kos, kamar mandi, pakaian dan lingkungan sekitar. Buat lah jadwal yang harus kamu taati. Kalau sudah terbiasa, hal ini tidak sulit kok. Yang penting, jangan malas!

Hindari hal-hal yang tidak sehat, seperti rokok, minuman keras, makanan instan, dan pergaulan bebas. Jika tidak bisa, setidaknya kamu perlu meminimalisir hal-hal tersebut dan menghargai teman kos yang menghindari hal-hal tersebut.

Yang paling penting dan sering terabaikan adalah olahraga. Kamu bisa mengadakan acara olahraga rutin bersama teman-teman kos kamu, seperti badminton, futsal, basket, dll. Tapi jika jadwal kamu bentrok atau kamu terlalu sibuk dengan kegiatan kamu dan tidak bisa join acara tersebut, lakukan beberapa gerakan sehat yang bisa kamu lakukan hanya dalam waktu 5 menit ini. Semakin sering kamu melakukannya, semakin baik untuk kesehatan kamu.

BERBAGI
Syaqiqul Muhib
blogger dan pemilik youngnesia.com