Beranda Artikel Hal-hal yang Bisa dilakukan Anak Kos Saat Gagal Mudik Idul Adha

Hal-hal yang Bisa dilakukan Anak Kos Saat Gagal Mudik Idul Adha

814
cewek anak kos, gagal mudik, liburan, idul adha, main, nasi anak kos
cewek anak kos, gagal mudik, liburan, idul adha, main, nasi anak kos

Hari raya terbesar kedua bagi umat islam adalah idul Adha atau biasa disebut hari Kurban. Pada hari itu diperingatilah peristiwa besar, ketika nabi Ibrahim dengan ikhlas mengorbankan putra kesayangannya Ismail kepada Allah sebagai wujud keimanannya. Namun Allah,-karena Allah tidak tega-, lantas menggantikannya dengan seekor kambing untuk disembelih. Peristiwa ini jatuh pada 10 Dzulhijjah atau 70 hari setelah perayaan hari raya Idul Fitri.

Biasanya waktu libur idul Adha ini lebih pendek dari pada idul Fitri, sekitar 1-2 dua hari. Sehingga gairah anak kos untuk mudik tak semeruak saat idul fitri. Hal ini bikin galau para anak kos yang ada di tanah rantau.

Pulang atau enggak ya. Kalau pulang waktunya mepet. gak cucok ama ongkos pulang pergi. Kalau tidak mudik, trus ngapain aja ya disini. Begitulah kira-kira pertanyaan mereka.

Oleh karena itu, artikel kali ini akan mengupas hal-hal apa saja yang bisa dilakukan anak kos saat hari raya idul Adha di tanah rantau. Sehingga meski tidak mudik anak kos tetap santai, senang dan menyenangkan.

Ikut shalat ied

Agar kamu tetap merasakan kehadiran idul adha cobalah kamu ikut shalat ied entah itu di Masjid kampung dekat kosan, Masjid Kampus, atau Alun-alun. Usahakan datang lebih awal. Rasakan suasannya, pasti ga kalah dengan suasana solat ied di kampung halaman.

Mungkin lebih meriah, dan satu lagi kamu bisa cuci mata, lihat jamaah yang cantik-cantik dan cakep-cakep kayak artis koreaan.

Selfie

Kamu bisa melakukan selfie baik sebelum solat ied atau sesudahnya. Tapi jangan sekali-kali kamu melakukan selfie saat solat ied. Karena itu dapat membatalkan solat. Kamu bisa selfie sendiri maupun ngajak teman-teman kecemu. Sebab, diakui atau atau tidak selfi itu dapat menyehatkan dan menyenangkan hati. Setelah selfie jangan lupa unggah di sosial media ya dan tag anakkosdotcom.

Ngehubungin orang tua

Setelah pulang solat ied, kadang kamu bingung mau ngapain. saran saya ambil smartphone kamu, jangan lupa isi pulsa sebelumnya, dan telfonlah orang tua diseberang sana. Tanya kabar kek, minta maaf atau minta jatah bulanan juga boleh kok.

Dengan ngehubungin orang tua, hatimu akan merasa tidak sendiri. Dan kangenmu akan terobati.

Ngumpul sama teman

Survey membuktikan hampir 80 persen anak kos saat hari raya idul adha tidak pulang kampung [mudik]. Artinya kamu banyak teman coy. Maka, pastikan kalian akan ngumpul di kosnya siapa dulu untuk malam takbir maupun sesudah solat ied. Jika malam takbir yang kamu temui adalah anak takmir Masjid, maka ikutlah baca takbir di masjid. tapi kalau yang kamu temui anak kos biasa seperti saya, maka kamu bisa bakar jagung, bakan ikan atau bakan burung. Pokoknya jika ngumpul teman itu bakalan seru deh.

Bantuin warga proses Kurban

Kamu jangan tiduran aja di kosan, sementara diluar kosmu sedang ada proses penyembilan kurban. Jika waktu gini jangan jadi orang individualis. Keluar kos, bantulah warga dalam proses kurban. Kamu bisa bantu nyiapin ini itu, atau ngebantu ngasih daging kurban ke warga-warga. Namun jika kamu malu, kamu bisa sekedar menonton, memotret atau merekam.

Syukur-syukur bikin vlog terus di unggah di Youtube dan dapat uang.

Halan-halan

Karena hari libur, kamu bisa gunakan untuk liburan atau halan-halan ke tempat wisata yang ada di kota tinggalmu. Kamu bisa pergi ke pantai, ngecamp di gunung atau kamu bisa main ke rumah teman pribumi. Dimana kamu bisa sekalian halan-halan di daerah rumah temanmu, makan gratis dan bisa ngeobatin rasa kangen kamu pada rumah. Boleh di coba kok.

Trimo ing pamrih

Segala kemungkinan bisa terjadi pada anak kos. Mungkin kamu punya rencana saat tidak mudik, tapi semua rencana itu bisa berantakan, jika kamu bangun kesiangan dan rasa malas melanda. Akhirnya kamu cuma duduk-duduk di kamar, tiduran, nonton film dan main game. Semua itu harus kamu terima atas konsekuensi pilihanmu.

Kamu jangan menyesal, apalagi update ‘galau’ di sosial media. Ah ga banget. Ikhlasin aja.

Tips diatas hanyalah sekedar usulan agar kamu tidak merasa sendirian apalagi terasing saat hari raya idul adha. Kamu bisa mengkreasikan dengan mengadakan kegiatan yang lebih positif dan menyangangkan. Namun jika kamu masih juga merasa sendirian, maka liburan idul adha tahun ini jadikalah pelecut untuk segera menyelesaikan kuliah atau kerjaanmu. Semoga tahun depan kamu sudah bisa merayakan idul adha di kampung halaman []

BERBAGI
Kontributor
Kontributor sejati anakkos.com