Beranda Artikel Tips Menyulap Kamar Kos Sempit Menjadi Luas

Tips Menyulap Kamar Kos Sempit Menjadi Luas

1799
kamar kos rapi bersih
dok.anakkos

Punya kamar kos yang luas merupakan impian hampir semua anak kos. Akan tetapi kenyataan kadang berkata lain, harga kos-kosan yang semakin tahun mencekik anak kos, membuat anak kos memilih kos yang “seadanya’’.  Sempit tak masalah asalkan itu murah, dekat dengan kampus  dan dekat tempat kerja.

Namun beberapa anak kos yang kebetulan bisa menyewa kamar kos luas, ternyata belum tentu bisa menata kamar kos secara lebih efisien dan justru memakan ruang. Nah kali ini kami akan memberi tips agar kamar kosmu terlihat dan terasa lebih lebar dari sebelumnya. Caranya sederhana, cukup dengan sentuhan kreativitas sedikit saja sebagaimana berikut ini.

Menanta barang-barang kos secara efisien

Ga mungkin kan, kamu menempati kamar tidur kosongan, makanya kamu penuhi kamar kos dengan peralatan kamar kos sesuai kebutuhan. Biasanya kamar kos dilengkapi, tempat tidur, lemari, meja belajar dan kursi.

Barang-barang itu bisanya memakan cukup banyak ruang. Maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menata posisi tempat tidur, almari, meja serta kursi secara rapi. Usahakan posisi tempat tidur dekat dengan meja, tujuannya agar kamu lebih mudah menaruh dan mengambil barang saat akan maupun bangun tidur.

Sementara agar kamar kos terasa lebih luas, usahakan agar penempatan almari berseberangan dengan posisi tempat tidur kamu.

Letakkan peralatan elektronik se efektif mungkin

Selain barang pokok diatas, biasannya anak kos punya peralatan elektronik, mulai Handphone, Laptop, computer dan rice cooker. Walaupun terlihat kecil, peralatan elektronik itu bisa menjadi momok, karena memakan ruang. Maka perlu penempatan yang baik. Letakkan posisi barang-barang elektronik sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Misal, dispenser kamu bisa letakkan dekat dengan rice cooker. Print bisa kamu taruh dekat dengan komputer atau bahkan Televisi.

Penataan barang elektronik yang efisien dapat memberikan kesan kamar kos terasa lebih luas.

Manfaatkan semaksimal mungkin ruang dibawah tempat tidur dan di atas lemari

Kedua ruang itu merupakan area yang jarang diperhatikan, namun cukup luas untuk menyimpan barang-barang yang jarang dipakai. Maka kedua ruang itu paling cocok untuk menyembunyikan barang-barang yang tak terpakai atau jarang dipakai.

Kamu bisa membungkus barang-barang itu kedalam kardus agar tidak berdebu, mudah ditemukan dan tidak berserakan. Sehingga ruangan kamar kosmu terlihat lebih rapi, tidak seperti kapal pecah.

BACA: Tipe anak kos berdasarkan kondisi kamarnya

Mengatur isi lemari secara lebih efisien

Karena isi almari terbatas maka kamu perlu mengaturnya dengan cermat. Hindari membawa semua pakaian kamu dari rumah, cukup bawa pakaian yang sering digunakan. Begitu juga kalau baju sudah tidak digunakan mending bawa pulang atau sodaqohkan kepada yang membutuhkan.

Untuk baju kuliah atau kerja, gantunglah secara rapi. Terus beri ruang tersendiri untuk baju, celana, rok dan dalaman. Taruh pakaian yang sering kamu gunakan di urutan atas. Sementar untuk rak paling bawah bisa kamu pakai untuk menaruh barang-barang yang jarang kamu gunakan, seperti buku kuliah semester lalu, barang elektronik maupun barang peninggalan mantan.

Manfaatkanlah dinding kamar kos

Jangan biarkan dinding kamarmu kosong. Manfaatkan dinding tersebut untuk menaruh barang-barang tertentu, macam buku maupun alat elektronik lainnya. Caranya kamu bisa tempel rak buku atau atau rak khusus untuk menaruh barang. Kamu bisa pasang rak tersebut didinding tepat diatas almari agar memaksimalkan penggunaan dinding.

Rak ini gunanya agar barang kamu tidak berceceran dengan cara menaruhnya didinding kamar. Tapi bukan lantas kamu menggunakan semua dinding untuk menaruh barang, kamu perlu menaruhnya satu sisi saja.

Rajin membersihkan dan merapihkan kamar kos

Seluas apapun kamar kamu, akan terasa sempit jika barang-barangmu berserakan seperti kapal pecah. Apalagi bila kamarmu memang sempit. udah sempit kotor lagi. Maka rajin-rajinlah membersihkan dan merapihkan kamar. Kamu bisa membuat jadwah pribadi untuk rajin bersihin kamar. Misalnya, setiap bangun tidur merapikan tempat tidur. Setiap pagi dan sore menyapu lantai dan setiap seminggu sekali mengepel dan membersihkan semua barang-barang.

Kamar yang bersih dan rapi akan membuat penghuninya merasa nyaman. Belajarpun menjadi tenang dan istirahat sempurna.

Itulah beberapa tips menata kamar kos yang sempit agar terasa luas dan nyaman. Kamu  bisa menambahi sendiri tips tersebut dengan berkomentar dibawah ini, ata mengirimkan langsung ke email redaksi.

Baca Cuk:  Tips Sukses Bermain Youtube Dengan Video Slide Show
BERBAGI
Kontributor
Kontributor sejati anakkos.com