Beranda Artikel Tutorial Mencari Kos Kosan ala Anak Kos

Tutorial Mencari Kos Kosan ala Anak Kos

175
mencari kos kosan

Mencari kosan seperti nyari jodoh. Perlu dilakukan dengan sebenar-benarnya agar kalian bisa berguna untuk nusa dan bangsa. Kosan bisa menentukan siapa kalian. Kalian tahu kos-kosan Tjokroaminoto pendiri Sarekat Islam itu? Karena dia orang besar maka anak yang ngekosnya bisa besar pula macam Soekarno dan Semaun itu. Kos-kosan bisa membuat kalian besar sama seperti yang punya kosan.

Kalian mahasiswa yang baru ngekos sebaiknya baca panduan ini baik-baik. Sebab panduan ini adalah hasil saya kuliah tujuh tahun mengobservasi dunia kos kosan. Panduan ini adalah pengalaman pribadi dan teman-teman saya yang ngekos. Saya telah melakukan cross check ke berbagai narasumber termasuk pemilik kos-kosan agar panduan ini bisa dipakai dengan sebaik-baiknya.

Lakukan Riset Terlebih dahulu

Sebelum mencari kosan, ada baiknya kalian keliling-keliling dulu, observasi. Selain itu kalian harus menambah data tentang kos-kosan di tempat kalian kuliah dengan bertanya kepada senior. Kalo yang nanya adik-adik perempuan pasti cepat ditanggepin. WA kalian pasti 3 detik langsung dibalas. Itu keuntungannya perempuan, apalagi kalau kamu lucu.

Tapi kalau tak punya senior, coba cari data di internet. Masuki forum-forum diskusi kampus di Facebook, tanya saja di sana. Lagi-lagi kalau perempuan, pasti cepat ditanggapi. Kalau kalian perempuan, apalagi lucu ya.

Kalau kalian laki-laki mau tak mau harus punya usaha lebih ketimbang adik-adik lucu tadi. Tanya satu per satu kos-kosan yang ada di sekitar kampus. Kalian harus masuk dari kosan ke kosan. Jangan mudah lelah, perjuangan ini belum seberapa dengan perjuangan Tan Malaka dari penjara ke penjara.

Baca Cuk:  7 Strategi Hemat Ala Anak Kos Yang Wajib Kamu Perhitungkan

Pastikan hal-hal utama seperti air dan listrik

Selain harga sewa kosan, kualitas air dan aliran listrik itu sangat penting. Air adalah sumber kehidupan manusia. Kalau kamu keturunan unta, air tidak begitu bermasalah sebab kamu bisa bertahan seminggu tanpa air. Namun meski keturunan unta, tetap saja kamu perlu air untuk cebok.

Di beberapa tempat, kualitas air sangat buruk. Saya sendiri pernah menyaksikan sumber air yang mengeluarkan zat besi yang mirip busa kuning! Busa kuning! Demi Tuhan benar-benar mirip busa kuning! Saya menyaksikan keajaiban nasional seperti itu di kosan teman saya. Tapi kalau kalian itu orangnya kuat malu kuat, maka kondisi seperti itu jangan dibikin pusing. Tapi coba saja, gigi kalian bisa kuning. Nah, makanya mencari kosan itu yang pertama kali dilihat adalah air.

Soal listrik, ini juga penting. Di kehidupan yang memerlukan informasi ini tentunya kita membutuhkan internet. Internet itu adanya di henpon. Henpon itu dicas pakai listrik. Nah kalau listrik sering mati bagaimana kalian bisa mendapat informasi. Bagaimana kalian bisa gaul. Bagaimana kalian bisa update instastory kalian? Kalau kalian tidak update instastory kalian bisa-bisa dikucilkan dari lingkungan.

Kualitas sinyal juga sangat penting, seharusnya saya letakkan di nomor satu tadi. Tapi ya udah deh

Sinyal, seperti yang saya katakan di atas, adalah sesuatu yang sangat amat penting. Henpon itu dicas pakai listrik. Nah kalau listrik sering mati bagaimana kalian bisa mendapat informasi. Bagaimana kalian bisa gaul. Bagaimana kalian bisa update instastory kalian? Maaf saya mengulangi kata-kata saya di atas. Karena malas kata kata saya perlu diulang-ulang, kalau peru dicetak tebal pakai font 12 spasi 1,5 biar mirip skripsi.

Baca Cuk:  Anak Kos! Ketahuilah Pendamping Wisuda belum tentu Jadi Pendamping Hidup

Tidak semua tempat kualitas sinyal internetnya sama. Ada yang kartu A sinyalnya bagus di tempat Anu, tapi jelek di tempat ini. Begitu seterusnya. Teman-teman saya banyak yang jadi korban sinyal ini. Saya saja lulusnya jadi lama hanya gara-gara sinyal dan air tadi. Makanya pastikan kualitas sinyal lebih dulu ya.

Pastikan kalau kondisi lingkungannya sesuai dengan hati kalian

Ada orang yang suka keramaian. Kalau tidak ramai dia tidak bisa mengerjakan tugas. Ada orang yang tidak suka keramaian. Kalau ramai dan berisik dia tidak bisa mengerjakan tugas. Ada yang menyukai kalau tetangga kosannya itu hanya cewek-cewek lucu saja. Kalau banyak cewek lucu tinggal di sebelah kosannya, maka dia semangat belajar dan mengerjakan tugas. Bahkan ada yang rajin beribadah gara-gara di sebelahnya banyak cewek-cewek lucu. Ada juga yang menyukai tetangga kosan itu hanya cowok-cowok gagah saja. Maka sebelum mencari kosan, kamu harus mencari tahu dulu kamu itu maunya apa? Kamu makannya apa? Tempe! Saya juru masaknya. Sorry saya jadi nyanyi.

Kamu itu mau tinggal di tempat yang ramai dan berisik? Mau tenang dan sunyi? Mau dikelilingi tetangga tetangga cewek yang lucu? Atau apa? Kamu harus tentukan dulu mau kamu apa. Kalau kamu sudah menentukan apa yang kamu mau, maka kamu harus serius mencari sesuai dengan apa yang kamu mau.

Baca Cuk:  Dosa-dosa Ibu Kos Yang Dapat Membuatnya Kekal di Neraka

Kalau kamu tidak menemukan tempat tinggal yang cocok dengan apa yang kamu inginkan, banyak akibatnya. Kamu bisa lulus lama seperti saya. Kamu bisa DO seperti teman saya. Saya punya banyak teman yang lulusnya lama dan DO hanya gara-gara tidak cocok tempat tinggalnya. Mereka yang nggak lulus-lulus itu tinggal serumah sih. Makanya kemalasan itu menular lho!

Cari teman sekosan itu perlu, kalau kamu mau

Seperti yang saya ceritakan di atas, teman kosan itu bisa menularkan kerajinannya dan kemalasannya. Ada teman saya satu rumah kontrakan lulus kuliahnya tujuh tahun semua, demi Tuhan ada! Kalau kalian mau tahu, hubungi saya saja. Chat facebook, tapi yang cewek doang yang saya balas ya.

Nah makanya memilih teman kosan pun itu penting. Tapi kalau kamu mau tinggal sendirian juga nggak apa-apa sih. Lagi-lagi terserah hati kamu seperti apa. (sumber)

BERBAGI
anakkos
Redaksi menerima tulisan seputar anak kos, baik berupa tips trik maupun cerita anak kost. kirim ke email redaksianakkos@gmail.com