Beranda Artikel Kiri Islam dan Ajaran Revolusioner

Kiri Islam dan Ajaran Revolusioner

Islam Itu Datang Untuk Membongkar Eksploitasi, Bukan Cuma Ritus (ibadah)

42
kiri islam, islam kiri, revolusioner

Uneg uneg ini adalah gagasan salah satu mantan anak kos yang sekarang sudah kembali ke kampung halamannya.

Kegelisahan ini bermula dari fenomena lagi ramai soal Islam nusantara. Di sini saya hendak menawarkan sebuah pembacaan revolusioner tentang wacana keislaman progresif, yaitu kiri Islam yang dulu pernah digagas oleh Hassan Hanafi.

Kiri islam dipengaruhi oleh pemikiran Ali Syari’ati yang memadukan antara Islam dan Marxisme untuk membaca problem teologis dan ekonomi politik kontemporer. Kiri Islam yang digagas Ali Syariati ini berperan besar pada Revolusi Islam Iran. Ali adalah api, begitulah menurut koleganya.

Kenapa Harus Kiri Islam?

Karena kita menghadapi problem ekonomi politik yang kian pelik. Persoalan yang terjadi di ranah politik, budaya dan ekonomi adalah eksploitasi massif dari sistem kapitalisme global. Perang dan perebutan kekuasaan yang terjadi di dunia sekarang bukan soal agama, tapi soal kekuasaan dan perebutan sumber daya alam.

Dan menurut Hassan Hanafi, hal yang paling berbahaya dari pertarungan global adalah dalam budaya, proses berpikir. Sebuah Institut yang didanai kapitalis global menciptakan produk Agama Fundamentalis untuk mengacau negara yang jadi target. Agama ciptaan orientalis dan intelijen blok barat ini membajak dan membuat teror di seluruh dunia hanya untuk mendukung blok Barat. Tujuannya untuk menguasai negara yang kaya sumber daya alam dan negara strategis dalam geopolitik.

Baca Cuk:  Diplomasi Teras Kos

Kenapa Harus Kiri Islam?

Karena islam itu datang untuk membongkar tatanan merkantilis kapitalis yg melanggengkan eksploitasi terhadap kaum lemah. Ayat ayat Al Qur’an yang turun itu berdimensi ekonomi politik dan sangat sedikit yang teologi ritual murni. Kiri Islam adalah teologi pembebasan dalam proses berpikir, berpolitik, berekonomi maupun berteologi. Jadi dimensi pembebasan baik nasional dan internasional dari cengkeraman kapitalisme global inilah yg paling inti dari seluruh ajaran-ajaran Islam.

Jika kita lebih kritis, Nabi Muhammad ditentang kaumnya bukan persoalan ketuhanan. Tapi karena Nabi membongkar sistem penindasan yang mengakar dan membudaya dikalangan kaumnya (arab saat itu). Justru nabi Muhammad adalah orang yang pertama kali menyerukan kesetaraan antara pria dan wanita. padahal saat itu wanita bisa jadi warisan, dan bayi wanita dikubur hidup-hidup.

Nah disini, kemunculan Islam mengumandangkan sistem sosialis ketika seluruh dunia dikuasai elit-elit feodal dan menindas. Islam mengumandangkan demokrasi musyawarah mufakat ketika politik dunia dikuasai sistem keluarga-isme (monarki).

Pilihannya saat ini adalah kiri Islam bung, ketika hari ini ekonomi politik kita cuma dikuasai Kabir (Kapitalis birokrat). kiri Islam bung, ketika tanah, air dan kekayaan alam di dalamnya dikuasai pemodal kapitalis asing. sumber

Islam Itu Datang Untuk Membongkar Eksploitasi, Bukan Cuma Ritus (ibadah)

BERBAGI
Kontributor
Kontributor sejati anakkos.com