Beranda Uncategorized Sejak Kapan Kita Memulai Komunikasi?

Sejak Kapan Kita Memulai Komunikasi?

94
rumus bahagia

Hai anak kos, bagaimana kabarnya? Semoga baek baek aja ya. Tulisan ini diawali dari sebuah pertanyaan Sejak kapan kita memulai komunikasi?

Sejak bangun tidur, sampai terlelap kembali; saat bangun tidur, antara sadar dan tidak-sambil bergumam dalam hati ‘mana HP?’, lalu mengecek kemudian membalas pesan dari notif yg tertera. Setelah beberapa saat, kita memutuskan shalat dulu, yg tak lama di susul dngn bertanya dlm hati ‘sarapan atau mandi dulu ya?’. Komunikasi dengan diri sendiri pun dimulai sepagi ini.

Sampai pada tahap kita pergi untuk bekerja, bertemu kolega, berinteraksi, lalu tetiba mendapatkan masalah dan mencoba menyelesaikannya yang kadang tak sesuai ekspektasi. Kita mencoba berintrospeksi, lalu mulai mengoreksi diri; adakah yg salah dari cara saya berkomunikasi?? Komunikasi antar sesama, lalu berkonflik pun dimulai sesiang inii.

Dalam berinteraksi dengan Tuhan pun sama. Kadang, banyak hal yg kita anggap mudah. Hanya dengan memohon dan meminta. Ttp Tuhan tidak mengabulkan dgn cara ‘nanti, jangan, bukan dia, jangan sekarang, sabar dulu, dsb’. Sebagai hamba yang percaya penuh pada ke-Maha-Esa-an Nya kita hanya bisa berintrospeksi. Mungkin ada cara komunikasi kita dgnn Tuhan yg kurang tepatt.

Tetiba terlintas pelajaran Komunikasi Al-Qur’an dulu saat di bangku kuliah, bahwa ada dasar yg harus digunakan dlm berkomunikasi; Qaulan Sadida, Qaulan Kariima, Qaulan Layyina, Qaulan Ma’rufaa, Qaulan Baligha, dan Qaulan Maysuraa — yang kesemuanya adalah metode kita dlm berkomunikasi dengan sesama maupun Sang Maha Kuasa, yg sudah disusun detail dalam Al Quran sebelum manusia hidup.

Baca Cuk:  Awas! Bahaya Laten MLM

Semoga kita selalu mampu mendekatt, berinteraksi, berbaur, lalu berintrospeksi kembali dalam keseharian dengan sesama.

Pun jika ada masalah/permohonan terbaik kita, biarkan hanya kepada-Nya kita komunikasikan. Karena banyak hal yg hanya kita dan Tuhan yang perlu tahu.

Bukan kah sembunyikan proses, lalu umumkan hasil lebih baiik? Karena doa-doa terbaik yang menjadi wakil kita.

Sumber: https://www.facebookcom/layla.pathia

BERBAGI
anakkos
Redaksi menerima tulisan seputar anak kos, baik berupa tips trik maupun cerita anak kost. kirim ke email redaksianakkos@gmail.com