Beranda Artikel 3 Penyebab Rice Cooker Tidak Panas

3 Penyebab Rice Cooker Tidak Panas

56
penyebab rice cooker tidak panas
penyebab rice cooker tidak panas

Anak kost .com – Kehadiran Rice cooker kini menjadi hal yang amat penting bagi kehidupan manusia, terutama anak kos. Fungsinya sebagai penanak nasi secara praktis membuat rice cooker dimiliki banyak orang. Apalagi buat anak kos, fungsinya sangat membantu untuk menghemat pengeluaran bulanan. Maka dari itu, diperlukan pemahanan yang baik agar rice cooker kamu awet dan tidak mudah rusak.

Masalah yang paling sering menimpa adalah rice cooker tidak panas, masakan menjadi cepat basi dan lain lain. Ketika rice cooker kamu mengalami hal tersebut. Maka berikut ini adalah 3 Penyebab Rice Cooker Tidak Panas

Daya Listrik yang Tidak Memadai

Jika rice cooker kamu tidak panas, maka kamu bias cek atau memeriksa daya listrik yang tersambung dengannya. Standarnya rice cooker itu memerlukan daya listrik yang cukup tinggi yakni sekitar 900 watt. Jika di bawah itu, kemungkinan daya listrik tidak memadai untuk menahan beban rice cooker,  akibatnya listrik “njeglek” atau mati.

Jika daya listrik kamu, atau kosmu sudahh 900 watt tapi sering terjadi njeglek, maka kamu layak memeriksa jaringan listrik ke rice cooker kamu apakah terjadi konsleting, jika kamu tidak memahami kerusakan pada sambungan kabel ini, kamu bisa mengundang tukang listrik atau melaporkan ke bapak kos.

Mulai Rusaknya Elemen Pemanas

Thermostat merupakan elemen pemanas yang akan menghasilkan panas pada rice cooker, jika elemen ini rusak tentunya rice cooker kamu akan rusak atau tidak panas. Elemen ini terletak di bawah lempengangan dalam rice cooker. Kerusakan elemen pemanas ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain, kelalaian pabrik, usia pemakaian yang telah lama, kecerobohan penggunaan dan lain sebagainya.

Maka jika memang elemen ini yang rusak, kamu bisa ajukan masa garansi atau kecservice center-nya yang terdekat. Namun bila masa garansinya telah habis kamu bisa langsung ketukang servis rice cooker yang umur, kalau memang harus mengganti elemen ini, mintalah elemen yang orisinal agar rice cooker kamu tidak mudah rusak dikemudian hari.

Kerusakan Pada Switch Rice Cooker

Switch merupakan tombol khusus atau saklar otomatis untuk menyalakan fungsi cook atau warm pada rice cooker. Dalam arti lain, switch berfungsi memberikan kode kepada elemen pemanas untuk meningkatkan atau menurunkan derajat panasnya. Apabila bagian switch ini mengalami kerusakan, tentu rice cooker tidak bisa difungsikan baik untuk memasak nasi atau menghangatkan makanan.

Penyebab kerusakannya beraneka ragam, diantaranya terputusnya elemen di dalamnya, usia pemakaian, konslet dan lain-lain. Solusi untuk memperbaikinya ialah dengan membongkarnya. Namun, sekali lagi utamakan untuk klaim garansi sebelum mencoba memperbaikinya sendiri.

Itulah 3 Penyebab Rice Cooker Tidak Panas yang sering terjadi, semoga informasi ini penting bagi ibu rumah tangga atau anak kos.

BERBAGI
anakkos
Redaksi menerima tulisan seputar anak kos, baik berupa tips trik maupun cerita anak kost. kirim ke email [email protected]