Beranda Artikel Gencatan Senjata Amerika Serikat dan China

Gencatan Senjata Amerika Serikat dan China

21
Gencatan Senjata Amerika Serikan dan China

anak kost –  Kali ini anak kos akan saya ajak berpikir dan berwasaan lebih luas lagi tentang perseteruan king master Amerika Serikat dan China ketika Gencatan Senjata Amerika Serikat dan China.

Baca pelan-pelan saja – yap! berita gembira untuk perekoGencatan Senjata Amerika Serikan dan Chinanomian indonesia saat ini adalah Donald Trump melakukan gencatan senjata dengan xi jin ping dan menunda kenaikan tarif produk china sampai nanti 1 maret 2019. selain berita di atas, turunnya harga minyak bisa menghemat besarnya subsidi dan meringankan beban APBN.

Kenapa AS donald Trump tiba-tiba melunak? manuver yang seharusnya menguntungkan AS ini malah menyebabkan melemahnya investasi global terutama ke AS karena China juga mengancam produk AS dan dikenai tarif yg tinggi ketika di ekspor ke china. Kondisi perekonomian yang nggak jelas ini otomatis membuat investor khawatir melakukan investasi. selain itu menguatnya dollar menjadikan barang2 dari luar AS menjadi murah dan itu memicu impor barang luar negeri, hal ini jelas memukul industri di AS dan akhirnya terjadi defisit perdagangan di AS.

Pertarungan AS dan China ini memberi Efek yang menurut penasehat perdagangan gedung putih “jauh lebih penting dan lebih besar” yaitu ketidakpastian yang lebih tinggi untuk bisnis, di mana beberapa bisnis di antaranya telah mengatakan kepadanya bahwa mereka telah menunda investasi, kata Navarro.

Dia juga mengatakan “Hadiah bagi negara ini dan dunia terutama China sebenarnya adalah reformasi struktural menyeluruh untuk mengakhiri semua praktik yang mengganggu ekonomi global ini,” kata peter navarro, penasehat perdagangan gedung putih. Mungkin AS sudah pusing dan MUMET dengan china yg dituduh mencuri Hak Kekayaan Intelektual lalu membajak produk dari luar china.

Presiden Jokowi BENAR ketika menghimbau untuk saling KERJASAMA dalam hubungan ekonomi politik global, karena efeknya jelas, AS dan china mulai melemah perekonomiannya dan kalau ini diteruskan, BENCANA krisis ekonomi global PASTI TERJADI. Perundingan dagang kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu dimulai setelah pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di Argentina, awal bulan ini.
Dalam pembicaraan lanjutan

melalui telepon, Beijing berjanji untuk menurunkan bea impor mobil AS, kembali membeli kedelai AS, dan mereformasi program ekonomi 10 tahunnya, menurut beberapa laporan.

Di tengah perang dagang dengan Beijing, total defisit perdagangan AS naik 1,7% menjadi US$55,5 miliar (Rp 806 triliun) di Oktober, didorong oleh impor yang mencapai rekor tertinggi sepanjang masa, menurut Departemen Perdagangan AS, dilansir dari AFP .

Defisit perdagangan barang dengan China juga terus meningkat, naik 2% menjadi US$38 miliar, disesuaikan secara musiman, karena ekspor utama seperti kedelai mengalami penurunan.
Tanpa penyesuaian musiman, defisit perdagangan barang AS-China mencapai rekor sepanjang masa sebesar US$43,1 miliar.

TERUS MAU APA?
Tidak mungkin dunia yang hubungan ekonominya saling terkait ini bisa melakukan manuver perang tanpa hancur semua. Sebenernya KEUNTUNGAN PERANG DAGANG ini bagi indonesia adalah sangat strategis. Banyak perusahaan di china yg bisa hengkang untuk menghindari tarif AS ini. kalo produk dari china kena tarif di AS, secara otomatis keuntungan perusahaan ini akan berkurang makanya harus cari negara lain agar tidak terkena kenaikan tarif. ini kesempatan besar indonesia untuk melobi agar memindahkan perusahaannya ke indonesia. Dan yang lebih strategis indonesia adalah pasar terbesar ke 4 di dunia seharusnya punya nilai tawar.

hati-hati, Donald trump bisa KUMAT sewaktu-waktu dan berubah pikiran.

Demikian pemikiran Kawan Aly tentang Gencatan Senjata Amerika Serikat dan China

BERBAGI
anakkos
Redaksi menerima tulisan seputar anak kos, baik berupa tips trik maupun cerita anak kost. kirim ke email [email protected]