Beranda Artikel Penyebab Mahasiswa Lama Lulusnya, yang Terakhir Bikin Greget

Penyebab Mahasiswa Lama Lulusnya, yang Terakhir Bikin Greget

5
penyebab mahasiswa lama lulusnya

Hai anak kost, apakabar semuanya, semoga baik baik ya. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips tentang penyebab mahasiswa lama lulusnya. Sebab hari ini dah ga jaman lulus lama gaes, Negara segera membutuhkanmu, bukan untuk menjadi PNS ya, tapi untuk berkarya dan membawa Indonesia yang lebih baik.

Sebelum saya jelasi, ini ada bebereapa panggilan untuk mahasia, pertama MABA (mahasiswa baru) ngampus kesepian karena belum ada temen, kedua MABUK (Mahasiswa Sibuk) ngampus, mulai punya banyak teman untuk ngerjain tugas kuliah yang mulai menumpuk. MAPALA (Mahasiswa Paling Lama) ngampus, kesepian lagi karna teman-teman seangkatan sudah pada wisuda. (tragiss)

Jadi, bagi mahasiswa lama biasanya melihat kampus itu Horor, meski banyak mahasiswa tapi rasanya kesepian, ya karena tak ada lagi teman sejawat, adanya MABA yang jauh dibawah kita, tentunya gayanya sudah berbeda dengan kita, sehingga MAPALA (Mahasiswa Paling Lama)ini kalau ke kampus cukup keperluannya apa langsung kembali.

Ngomong ngomong mahasiswa lama, saya ingin menggali apa aja penyebab mahasiswa betah atau terpaksa betah kuliah lama-lama dikampus. Yuk kita lihat hasilnya apasaja sih.

Punya Kerja Sampingan

Penyebab mahasiswa lama lulusnya pertama adalah Punya Kerja Sampingan. Banyak loh Mahasiswa diluar sana yang kuliah sambil kerja demi bisa beli iPhone atau uang tambahan. Biasanya mereka memilih kerja partime. Seperti menjadi waiter/waitress, SPG, penjaga warnet, bahkan yang paling booming adalah profesi “Ayam Kampus”. Skip.

Akan tetapi tetapi sebagian mahasiswa yang sudah keenakan kerja, apalagi dapet gaji yang lumayan tinggi, orientasi mereka kepada kuliah bakal jadi berubah. Dari yang dulunya mikir, “Rajin kuliah biar dapet kerja” Bakal jadi mikir “Ngapain kuliah kalo sekarang udah dapet kerja?” iya kan?

Punya usaha sendiri

Penyebab mahasiswa lama lulusnya kedua adalah dia punya usaha sendiri, banyak juga mahasiswa yang sebelum lulus sudah mendirikan usaha, bisa bimbel, warung makan, minuman ringan, box kado atau usaha lainnya, sehingga ketika ia fokus untuk ngembangin usahanya, maka kuliahnya sering dinomorduakan, “lulus nanti gapapa, yang penting usaha ini maju dulu, toh nanti setelah lulus ga bingung kan dah punya usaha sendiri”

Salah Jurusan

Penyebab mahasiswa lama lulusnya ketiga adalah salah jurusan. saya banyak menemukan kawan yang gak lulus2 atau bahkan udah D.O karena nilainya jeblok semua. Setelah saya selidiki, ternyata banyak diantara mereka yang ternyata salah jurusan dari awal. Misalnya anak STM kepilih dijurusan agama atau sejarah, dan lain lain, pokoknya banyak dahh.

Penyebabnya macem macem bisa karena faktor orang tua yang terkesan “nyetir” kemana mereka kudu melanjutkan pendidikannya, meskipun sebenarnya anak itu gak suka. Atau asal keterima di perguruan tinggi karena belum mau bekerja dan lain lain.

Pacaran sama adek angkatan

Penyebab mahasiswa lama lulusnya keempat adalah pacaran ama adek angkatan. Begitulah cinta kadang tak memandang usia. Ada yang dia sudah kuliah, tapi pacarnya masih sekolah SMA, ada mahasiswa tingkat akhir tapi ceweknya baru maba, begitu juga sebaliknya, ehem yang suka brondong nih.

Sehingga kadang ia yang lebih dewasa mengikuti yang masih muda, sukanya pacara melulu, jalan kesana kemari, intinya banyak dihabiskan untuk pacaran dan memperhatiin adek kelasnya tadi, sehingga jika tidak direm atau tidak disadari ternyata ia kuliah hampir DO, bahkan tiba2 dapat surat DO, miris bukan.

Takut Jadi Pengangguran

Penyebab mahasiswa lama lulusnya kelima adalah Takut Jadi Pengangguran. Ada pepatah sesat bilang, “Wisuda bukan berarti akhir dari penderitaan, tapi sebuah awal dari status pengangguran”. Bayangkan betapa mengerikan kalimat itu. Seperti yang kita sadari, jumlah pengangguran di negeri ini mulai menggila. bahkan kalo misal mau dibikin partai, kayaknya Partai Persatuan Pengangguran ini bakal memenangkan pemilu 13 kali berturut2. Kenapa begitu? ya karena lapangan pekerjaan lebih sedikit dari jumlah sarjana yang dihasilkan universitas di negeri ini. Jadi gak heran kalo kita liat banyak mahasiswa S1 yang endingnya jadi tukang ojek. Gojek.

Aktif di organisasi

Penyebab mahasiswa lama lulusnya keenam adalah aktif di organisasi. Aktif di organisasi ini penting bahkan saya sarankan untuk MABA wajib ikut organisasi untuk bekal ia kemudian hari. Akan tetapi aktif di organisasi bukan lantas meninggalkan kewajiban sebagai mahasiswa, justru ia dituntut untuk bisa membagi waktu agar bisa seimbang antara organisasi dan kuliah.

Bagi mereka yang aktif di organisasi sampai melupakan kuliah, mungkin dia merasa banyak mendapatkan pelajaran dari organisasi dari pada kuliah, sehingga ia malas untuk pergi kekampus. Atau mungkin dia sebagai ketua organisasi yang harus konsolidosa kesana kemari untuk suatu misi tertentu. Entahlah.

Malas

Penyebab mahasiswa lama lulusnya ketuju adalah malas. Yap, sebenarnya alasan mahasiswa lulus lama yang haqiqi adalah rasa malas. Ini gak perlu dibahas lagi, akui saja kalau kamu malas untuk belajar malas untuk kekampus malas untuk mengerjakan skripsi dan akhirnya kamu malas malasan dikosan atau diwarung kopi.

Itulah Penyebab mahasiswa lama lulusnya yang saya rangkum dari pengalaman maupun informasi yang ada, jika ada yang kurang silahkan komentar dibawah ya. Terimakasih. Salam anak kos.

BERBAGI
anakkos
Redaksi menerima tulisan seputar anak kos, baik berupa tips trik maupun cerita anak kost. kirim ke email [email protected]